Joey Emmanuel Tobing : 14 Mei 2018

Ini merupakan kehamilan pertama saya, setelah hampir setahun pernikahan saya dan suami. Memang kami ada niatan untuk menunda karena selain saran dari Gereja, kami pikir ini hal yang baik. Memulai pernikahan itu seperti memulai permasalahan baru bukan?
Hahaha...

Kehamilan saya ini diketahui setelah berjalan 5 minggu, saya pribadi cuma heran kenapa masih belum menstruasi padahal sudah tanggalnya. Pas di cek ternyata garis dua :)

Masa kehamilan saya sedikit bermasalah menginjak 36 minggu karena tetiba saya flek darah. Inget banget waktu itu habis senam hamil lalu kontrol ke dokter dan sepulangnya lanjut ke mall karena mau nonton Avengers. Ehhhh waktu di toilet ternyata ada flek. Spontan panik dan langsung kembali lagi ke dokter.

Dokter kasih saya obat anti kontraksi setelah itu karena memang usia janin masih belum matang.

Setelah itu setiap kali saya ke toilet jadi selalu berdoa (ya walaupun tetep was-was juga) jangan sampe ada flek lagi.

Seminggu kemudian saya pergi ke daerah Puncak untuk refreshing sejenak bareng keluarga besar. Selama 3 hari menginap, sempat 1 hari bayi saya gak ada pergerakan. Saya coba stimulate dengan kasih lagu/minum air dingin/ajak ngobrol, masih gak ada respon juga. Mencoba untuk tidak panik dan terus berdoa, puji Tuhan besoknya bayi saya bergerak meskipun tidak banyak.

Sepulangnya saya dari Puncak, keesokan subuhnya saya mengalami pecah ketuban. Rasanya seperti pipis tapi terus aja mengalir. Saya buru-buru ke kamar mandi, sambil pakai softex dan suami langsung bergegas bawa perlengkapan untuk ke rumah sakit. Segera saya diantar ke rumah sakit bersama suami, mertua dan abang ipar saya.

Di sepanjang perjalanan saya hanya mengalami 2x kontraksi tapi itu juga tidak berlangsung lama.

Sesampainya di rumah sakit, saya segera di CTG sambil di infus (drama dulu karena saya belum pernah di infus, jadi tawar menawar sama suster biar gak diinfus) karena memang niatan saya mau lahiran normal, dan menurut hemat saya lahiran normal tidak perlu pakai infus. TOTALLY WRONG.

Oh dan ternyata saat cek pembukaan saya gak suka banget. Saat itu saya sempat bilang ke suami,"Sepertinya saya mau sesar aja deh.." karena gak kebayang gitu bakal di cek seperti itu sampai pembukaan 10. Tapi ya saya ingat niatan awal mau normal jadi saya pasrah aja, gimana Tuhan aja, saya bilang dalam hati.

Setelah 2x CTG ternyata hasil tidak terlalu baik. Akhirnya dokter kandungan saya memutuskan untuk melakukan operasi sesar segera.

Ibu-ibu, kan saya udah bilang ya klo diinfus aja saya belum pernah, nah sekarang sama dokter malah disuru sesar. Jadi saya  mengalami gak cuma diinfus tapi di suntik tes mantok, terus juga suntik epidural. Di satu sisi ada perasaan tenang karena  akhirnya gak perlu menjalani cek pembukaan, tapi di sisi lain saya panik juga karena belum pernah menjalani operasi. Waktu menjalani ini semua, saya cuma bisa berdoa, berserah.

Tes mantok emang ngeselin tapi saya berhasil melewatinya. Suntik epidural pun terlewati bahkan gak terasa yang sakit banget gitu, mungkin karena saya pribadi excited akhirnya akan ketemu anak saya.

Selama proses operasi, saya menggigil parah, sampe ngomong pun gemeteran. Suami saya gak dikasih untuk ikut prosesnya di dalam ruang operasi, jadi dia menunggu di luar.

Informan saya cuma dokter anestesi.
"Bu prosesnya gak lama kok, 15 menit paling juga anak Ibu sudah keluar.."
"Bu sebentar lagi Ibu akan denger nih nangisnya anak Ibu.."

Dan gak berapa lama, terdengar deh tangisan yang saya nanti-nantikan. Setelah dibersihkan, anak saya langsung di dekatkan ke dada saya untuk IMD. Setelah itu langsung dibawa ke ruang bayi.

Joey Emmanuel Tobing



Setelah operasi selesai, saya masih menggigil dan langsung di kasih selimut saat di ruang pasca operasi. Disana saya berbarengan dengan sekitar 4-5 Ibu yang juga baru menjalani operasi. Ya mungkin cuma beda beberapa menit aja dari saya. Puji Tuhan efek dari anestesi itu sendiri hanya bikin saya menggigil dan tidak mual. Karena ada juga pasien yang muntah setelah itu.

Beberapa saudara gantian masuk ke ruangan untuk ikut berbahagia atas lahirnya anak pertama saya. I knew I am loved. Thanks God!

Kelanjutannya di postingan berikutnya ya..

Comments

Popular Posts